
PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM KETERCAPAIAN TUJUAN PENDIDIKAN
Pendidikan dapat dikatakan sebagai suatu usaha yang sengaja dan terencana agar mendapat suatu tujuan tertentu sesuai dengan keinginan. Tujuan Pendidikan itu sendiri yaitu untuk menjadikan sumber daya manusia yag lebih baik dan berkualitas.
Proses pembelajaran yang berlangsung dalam lembaga pendidikan atau sekolah adalah satu bentuk usaha dari pendidikan dalam mewujudkan kualitas sumber daya manusia yang baik.
Guna mewujudkan tujuan awal pendidikan dalam lembaga pendidikan, dibutuhkan sosok pemimpin atau leader untuk mengawal program agar berjalan sesuai arah. Kepemimpinan kepala sekolah memiliki peran yang penting untuk mewujudkan kualitas sumber daya manusia tersebut.
Tugas dan peran kepala sekolah adalah meningkatkan profesionalitas kerja guru. Sebab keefektifan organisasi sekolah sangat ditentukan oleh kepemimpinan sekolah. Suparman (2019:19) menjelaskan bahwa ketercapaian tujuan pendidikan sangat bergantung pada kecakapan dan kebijaksanaan kepala sekolah yang merupakan pemimpin pendidikan di sekolah.
Kepala sekolah bertugas mengatur semua sumber organisasi dan bekerjasama dengan guru guru dalam mendidik peserta didik untuk mencapai tujuan pendidikan. Dengan keprofesionalan kepala sekolah pengembangan profesionalisme tenaga pendidik mudah dilakukan karena sesuai fungsinya. Kepala sekolah harus memahami kebutuhan sekolah yang harus dipimpin, sehingga kompetensi guru tidak hanya bertumpu pada kompetensi yang ia miliki sebelumnya, melainkan bertambah dan berkembang dengan baik, sehingga profesionalisme guru akan berhasil. Pada sisi yang lain menjelaskan kemunduran lembaga pendidikan berawal dari pola kepemimpinan dalam sekolah. Banyak beranggapan bahwa kepala sekolah adalah orang yang berkuasa di dalam sekolah, sehingga mengakibatkan sifat congkak yang dimiliki oleh kepala sekolah.
Keberhasilan seorang pemimpin ditandai dengan adanya pendidik yang profesional dan mampu mendorong peserta didiknya untuk berprestasi. Keberhasilan peserta didik dalam proses pembelajaran bertumpu pada kemampuan seorang pendidik. Hal itu karena keberhasilan ini akan memberikan hal positif bagi peserta didik terutama prestasi yang ditandai dengan adanya lulusan yang berkualitas, sehingga dapat diterima baik oleh masyarakat sekitar.
Keberhasilan menandakan bahwa tujuan pembelajaran dan tujuan lembaga pendidikan telah tercapai, dan tercapainya tujuan tersebut akan meningkatkan kualitas lembaga pendidikan, dimana hal itu akan berpengaruh terhadap kualitas peserta didik.
Kemampuan kepala sekolah dalam merencanakan, mengendalikan, menggerakkan anggotanya dalam organisasi yang kondusif dan nyaman, serta merupakan tugas utama kepala sekolah.
Kepala sekolah mempunyai tanggungjawab untuk memajukan kualitas sekolah, seperi meningkatkan kualitas guru yang profesional dalam proses pembelajaran di kelas, dan berbagai kegiatan yang terkait dengan sekolah.
Kepala sekolah dituntut untuk memiliki leadership skills, managerial skills, dan learning skills. Kepala sekolah yang baik akan selalu memotivasi, mengarahkan
dan mengawasi para bawahannya agar dapat mengerjakan tugas dan perintah yang diberikan dengan baik demi tercapainya tujuan yang telah direncanakan.
Kepala sekolah adalah orang yang memegang peran penting dalam meningkatkan mutu dan kualitas suatu sekolah. Kepala sekolah adalah orang yang memegang peran penting dalam meningkatkan mutu dan kualitas suatu sekolah. Kepala sekolah adalah seorang pemimpin bagi bawahannya.
Sebagai seorang kepala sekolah di SMP Negeri 1 Tonjong Kab. Brebes, penulis berusaha melakukan tugasnya dengan prinsip mengayomi dan kekeluargaan, sehingga memotivasi guru dan semua anggota sekolah dalam meningkatkan kinerjanya. Pendekatan yang manusiawi ternyata dapat meningkatkan kinerja guru dan staff, serta meningkatkan kualitas sumber daya manusianya.
Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
LOMBA MAPSI TINGKAT KECAMATAN TONJONG
MAPSI adalah acara lomba tahunan yang dilaksanakan berjenjang dari tingkat kota hingga provinsi. Meski perlombaan yang satu ini familiar bagi anak sekolah, tetapi masih banyak masyaraka
Mengelola Aktivitas Pembelajaran di Kelas
Lihat video: Mengelola Aktivitas Pembelajaran di Kelas di https://guru.kemdikbud.go.id/video-inspirasi/playlists/video?id=60&video=C4WqtvwEoIg
Model Pembelajaran Investigation, Question, Reading, and Analysis Oleh : Subur Trimahningsih, MPd.
Kurikulum kerap berganti dan dinamika perkembangan dunia pendidikan menjadi salah satu pemacu dalam progres perkembangan pembelajaran, utamanya dalam proses pembelajaran yang berlangsun
Sample Post 5
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation ullamco l